Mandai, Lauk Pauk Urang Banjar - D I A K U I N

Saturday, January 4, 2014

Mandai, Lauk Pauk Urang Banjar

Mandai, Lauk Pauk Urang Banjar - Mandai adalah salah satu menu khas banjar (suku Banjar) yang juga diminati. Terbuat dari kulit tiwadak (cempedak) atau nangka. Biasanya mandai dijadikan lauk pauk pengganti ikan. 
 
Cimpedak memang sangat banyak manfaat, semua dari cimpedak bisa dimakan, mulai dari buahnya, bijinya sampai kulitnya. Nah kali ini +Dwi Alfina akan share Cara Membuat Mandai (Olahan Makanan dari Kulit Cempedak)

Baca Juga : 
Bahan dan Cara Membuat Mandai :
1. Kulit Cempedak Atau Nangka. Kupas  Kulit luar hingga bersih, dan potong dadu.
Mandai, Lauk Pauk Urang Banjar
Bersihkan kullit Luar Cempedak

2. Potongangan-potongan kulit cempedak atau nangka tadi kemudian ditempatkan ditoples atau wadah apa saja yang bisa ditutup rapat, campurkan air hingga datar dengan tumpukannya kulit tadi, kemudian dikasih garam biar awet.
3. Tutup Toples dan biarkan sampai beberapa hari.
Mandai, Lauk Pauk Urang Banjar
Masukan Mandai Kedalam Toples
Setelah diawetkan beberapa hari didalam toples, ambil mandai atau kulit cempedak tadi dan goreng. Cara menggorengnya disesuaikan dengan selera anda, mau di goreng biasa atau ditambah dengan bumbu-bumbu andalan anda.
Mandai, Lauk Pauk Urang Banjar
Mandai Basanga
Taraaaa, mandai udah siap disantap :) Selamat menikmati :D


sumber bacaan : http://budaya-urangbanjar.blogspot.com/2013/04/mandai.html

Share with your friends

79 comments

  1. buah cempedak ? luarnya kaya kulit nangka sh mb ? hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu buahnya sangat enak sekali mas .. :D hehe

      Delete
    2. Fiu : Betul kulitnya kayak nangka :)
      Friska : yeahhh suka juga bebh :) heuhue

      Delete
    3. friska & dwi : itu memang nangka atau ada buah cempedak sendri yg mirip seperti nangka ... :D

      Delete
    4. pasti rasanya enak ya sist :D

      Delete
    5. saya baru tahu nih, rasanya gimana yah mbak?

      Delete
    6. Rasanya pasti enak yah Mbak Dwi kalau di daerah saya ini namaya
      Gudek Subang Mbak sangat nikmat rasanya woww tiadak duanya :)

      Delete
  2. buah apakah itu kok kayak buah nangka ????????????

    ReplyDelete
    Replies
    1. Danang : emang sejenis nangka ;)
      Hancur : bener bener hancur gan :D wkwkw

      Delete
  3. Mantaff gan..
    ditunggu follbacknya

    ReplyDelete
  4. Itu kulitnya yang di olah ya mbak dwi....

    ReplyDelete
  5. gk bisa komen deh kalo masakan Banjar :D

    ReplyDelete
  6. Apakah ading ni urang Banjar jadi memposting tulisan tentang mandai nih? Mandai tu makanan kasukaanku wan kaluargaku di Kalimantan Selatan. Mamaku harat baulah mandai tu. Di higa rumahku banyak jua puhun tiwadak buah nang diulah mandai tu. Mun handak tahu bisa ja kaina ka kampung kaluargaku di Barabai Hulu Sungai Tengah Kalimantan Selatan. Kalau sobat orang Banjar pasti paham apa yang saya tulis itu.

    ReplyDelete
  7. Biasanya di tempat saya cuma di goreng aja, namanya Bakara :D

    ReplyDelete
  8. Di daerah saya, cempedak susah didapatkan. Kalau saya dikirimi cempedak, ntar resepnya tak coba deh .. hehehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehee buah ini musiman kang, kebetulan lagi belum musimnya :D

      Delete
  9. wiih suka yang muda muda ya kang :D

    ReplyDelete
  10. Aneh ya. kok malah kulitnya yang diolah. terus isinya dibuang..? hahaha. saya baru tau mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. isinya di olah kue gan :) atau dimakan langsung

      Delete
  11. Mandai tuh kalo disini nama tempat dwi hehehe :)

    tp kayaknya enak tuh yah, apa gak bergetah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak kak, karena udh rendam dengan air dan didiamkan sekitar beberapa hari di dalam toples :)

      Delete
  12. wah kalau ditempat saya kulit nangka cuma dijadikan makanan kambing mbk tapi ternyata kulit nagka juga dapat dipakai lauk ya. boleh dicoba nih, terima kasih sharenya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. waah sayang kan kalo dikasih kambing, mending dibikin "MANDAI" :D

      Delete
  13. kyknya enak tuh, kl pk kulit buah lain bisa gak yah?

    ReplyDelete
  14. Wah keren dari kulit nangka yah gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa kulit nangka :) tapi direkomendasikan kulit cempedak deh :)

      Delete

  15. keren mas, makasih udah share artikelnya! sukses selalu!

    - Blogwalking Mastutorial com -

    ReplyDelete
  16. Biasa nya kalo makanan banjarmasin itu manis manis ya mba...
    tapi nama nya kok banjarmasin , nggak banjar manis hehehehe

    ReplyDelete
  17. kalo disini nangka nya yang masih kecil yang suka di masak

    ReplyDelete
  18. Yg ini pernah saya coba,, kwn saya dari banjar yg bawakan.. makanan khas banjar gk jauh beda juga ya sama org riau hehe :)

    ReplyDelete
  19. ternyata kulit nangka bisa juga di buat jd makanan yang enak yaa, mantap beneeerrr
    hehehehe

    ReplyDelete
  20. Sepertinya enak sekali, bisa pesan satu gak ya? :)

    ReplyDelete
  21. Makanan khas daerah yang belum pernah saya coba...Sepertinya enak!!! kalau boleh tau mandai itu semacam buah apa ya, saya baru denger nama buahnya?

    ReplyDelete
  22. Gimana ya rasanya makanan orang banjar tersebut
    pasti enak ya

    ReplyDelete
  23. Biasanya saya makan buah cempedak ini kalau sudaah matang di pohonnya,,, ternyata bisa di olah juga ya kulitnya :)

    ReplyDelete
  24. kalo saya lebih suka dibuat sayur lodeh, makanan khas jawa

    ReplyDelete
  25. Untung banar mun paham jadi nyambung ja tu komentar kita, ding ae. Sekedar pencerahan buat semuanya mandai itu terbuat dari buah cempedak atau nangka. Biasanya cempedak/nagka yang sudah matang dan dikupas kulitnya itu bahan untuk membuat mandai. Rasanya asin luar biasa tapi renyah. Mandai itu bisa digoreng dengan diberi bawang merah, asam jawa, cabe, dan lada secukupnya lalu digoreng atau bisa juga dimasak dg air santan dicampur dg ikan gabus atau lele atau betok atau haliling/sejenis bangsa siput kecil di sawah dan sudah pasti rasanya mantap. Mandai ini banyak diolah di daerah Hulu Sungai seperti daerah saya krn banyak terdapat pohon cempedak dan nangka.

    ReplyDelete
  26. wah sepertinya sedap banget mbak lauk nya :)

    ReplyDelete
  27. buah cempedak itu yang kaya buah nangka tapi kecil ya mbak ??
    saya follow blognya ya...terima kasih

    ReplyDelete
  28. hasil akhirnya seperti udang goreng yaa mbak, :D

    ReplyDelete
  29. walah.. saya baru tau nih mbak kalau kulit nangka bisa di bikin makanan.. kalau saya taunya nagkanya mbak yang di bikin makanan.. jadi sarur tewel namanya hehehehe

    ReplyDelete
  30. Gimana rasanya tuh? Pasti enak ya.

    ReplyDelete
  31. berarti proses bikinnya agak lama yah mbak soalnya pake diawetkan dalam toples sampai beberapa hari baru bisa digoreng, makasih infonya mbak Dwi :)

    ReplyDelete
  32. Mantap gan :) , Postingannya Keren Bermanfaat gan ^_^

    ~ Blogwalking Andrekocak Blog - Ribuan Backlink Gratis ~

    ReplyDelete
  33. Wahh mandai,
    lauk kesukaan mama saya ni,
    kalau mama saya beli cempedak pasti kulitnya di buat mandai

    ReplyDelete
  34. klo buahnya saya sudah pernah nyobain, tapi klo kulitnya belummm,,hehe

    ReplyDelete
  35. Menu masakanya menarik nih Mbak Dwi boleh saya coba
    Baru tau masakan Khas Urang Banjar ini. sebagai hadiah tahun baru
    o ya selamat tahun baru 2014 yah Mbak Dwi semoga selalu sukses sekeluarga

    ReplyDelete
  36. Wahh Bener Bangett Ini Lauk Pauk Urng banjar saya juga orang banjar sob,,,

    - Blogwalking Ballxcode -

    ReplyDelete
  37. Enak kayanya tuh...
    boleh juga di coba.

    ReplyDelete
  38. Keren mas artikelnya ijin belajar ya diblog kamu.
    btw blog kamu juga keren ijin follow ya jangan lupa follback ^_^
    Salam: dek-blogger.blogspot.com

    ReplyDelete
  39. ahaiii. lihat dari gambarnya aja lidah bergoyang seru, ngeces.. kapan ya bisa langsung ke banjar menikati kulinernya yang uenak ini

    ReplyDelete
  40. kayak tape ni,perlu di awetkan dulu.. ada unsur alkoholnya apa nggak nih?

    ReplyDelete
  41. Kalo g salah itu namanya "Tewel" kalo dirumah saya mba' Dwi

    ReplyDelete
  42. cempedak gorengnya dibumbuin apa, non..?

    ReplyDelete
  43. buah cempedak saya tahu, dan rasanya memang enak. tapi kalau yang lauk mandai ini saya baru dengar. biar nanti saya tanya teman saya yang asli banjar supaya saya tahu tentang lauk mandai ini

    ReplyDelete
  44. mandai..owh sedap.. dibuat dari kulit cempedak..
    kat malaysia selalu jugak mkan..rasanya masam2 manis. :)
    tapi kalau di malaysia..kebanyakkan x tahu apa itu mandai..kecuali dari kturunan banjar..mesti pernah mkan :)

    ReplyDelete
  45. kalau urang kami kecek itu buah, namo nyo buah cubadak :D

    ReplyDelete

Berkomentarlah dengan baik, diharapkan komentar sesuai Isi Artikel.
Dilarang keras meninggalkan link aktif ataupun iklan dikolom komentar.